Cara Budidaya Nanas dan Pemasaranya

budidaya nanas
Buah Nanas (istimewa)

WacanaNews.co.id — Budidaya Nanas merupakan salah satu peluang bisnis yang menghiurkan. Nanas yang biasanya dihidangkan dan bisa langsung dimakan atau dijadikan minuman seperti jus. Tidak heran jika banyak yang menggemari nanas sebab rasanya. Buah dengan nama latin Ananas comosus ini merupakan salah satu buah tropis yang memiliki rasa manis kas sama asam rasa tersebut sangat segar dan membuat banyak meningkatnya jatuh hati.

Selain memiliki rasa yang sangat nikmat dan segar, nanas juga sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan. Nanas mengandung berbagai vitamin dan mineral, salah satunya yaitu vitamin C yang sangat tinggi. Menanam nanas dapat menjadi peluang bisnis yang sangat bagus apabila dikembangkan.

Sebab buah nanas merupakan buah yang banyak penggemarnya, tanaman nanas cocok di daerah dataran tinggi. Namun nanas juga bisa tumbuh di daerah yang datarannya rendah. Bedanya nanas di dataran tinggi lebih berkualitas dibandingkan buah nanas yang tumbuh di dataran rendah.

Buah nanas yang tumbuh di dataran rendah ukurannya lebih kecil dan bulat dibandingkan buah nanas yang tumbuh di dataran tinggi. Memerlukan media tanam untuk tanaman nanas bertumbuh dan berkembang tanah yang gembur sangat cocok untuk tanaman buah nanas.

Kita juga bisa menggunakan tanah subur seperti tanah lempung yang berpasir, untuk menanam tanaman nanas tanah yang memiliki unsur organik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan. Tanaman nanas untuk pengairan dan pengambilan nutrisi nanas melalui akar.

Namun perlu diketahui nanas sangat membutuhkan sinar matahari langsung selama 9 jam sehari tanaman. Nanas cocok berada di lingkungan yang memiliki suhu sekitar 23 hingga 32 derajat Celcius. Bibit tanaman nanas sendiri bisa didapatkan dari tanaman nanas yang bebas dari hama serta sehat.

Untuk mengetahui kualitas bibit bisa dilihat dari daun dengan warna, segar, penuh serta tebal. Cara pembibitan sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu vegetatif dan generatif. Namun lebih direkomendasikan melalui pembibitan vegetatif karena proses pembuahan bisa lebih cepat.

Bibit vegetatif menggunakan Tunas batang dan cara mengambil bibit vegetatif yaitu memilih tanaman induk yang berbuah atau sudah panen proses. Yang ketiga yaitu menyiapkan lahan sebelum ditanam kita bisa menggunakan tanah tegalan yang sudah digemburkan. Sebelum digunakan sebagai lahan menanam nanas jika tegalan rasa cukup gembur maka tanah siap untuk ditaburi pupuk.

Selain itu perlu juga untuk membuat bedengan yang fungsinya menghalangi genangan air sebab genangan air bisa merusak pertumbuhan nanas. Yang keempat yaitu ada baiknya untuk menanam nanas di awal musim panas. Meski nanas memang tahan dengan cuaca panas namun supaya hasilnya maksimal dibutuhkan proses penyiraman yang tepat.

Proses penyiraman idealnya dua kali sehari waktu terbaik menyiram nanas di pagi dan sore hari, lakukan penyiraman dengan rutin untuk merangsang pembuahan nanas. Yang kelima yaitu proses pencegahan penyakit hama dan bibit ada berbagai hama yang biasa menyerang nanas seperti lalat buah bulat buah kumbang dan penggerek buah.

Untuk membasmi dan mencegah hama tersebut kita bisa menggunakan pembasmi hama yang dijual di pasaran namun gunakan pembasmi hama sesuai dosis dan anjuran pada kemasan agar tidak menimbulkan efek samping pada tanaman yang bisa berakibat kematian. Proses memupuk nanas dilakukan dua kali pertama saat usia 2 hingga 3 bulan selalu dalam waktu 3 hingga 4 bulan sekali sampai tanaman nanas berbunga dan berbuah.

Ada baiknya menggunakan pupuk yang mengandung fosfor kalium nitrogen dan unsur hara mikro. Ciri buah nanas yang siap panen mata buah lebih mendatar, mahkota buah mulai terbuka lebar, mahkota buah berbentuk bulat, tangkai buah mengecil, karena tergantikan atau berubah menjadi buah secara keseluruhan.

Apabila nanas memiliki ciri-ciri tersebut maka sudah menandakan jika buah nanas siap untuk dipanen dan dikonsumsi atau dijual. Ketika akan memanen pilih buah nanas yang terasa harum, jika baunya harum maka menandakan buah nanas sudah masak atau matang. Sedangkan untuk mengambil buahnya cukup potong bagian tangkai buah dengan pisau atau bisa menggunakan Sabit.

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Buah segar berwarna kuning tersebut berasal dari negara tropis di Amerika yakni Argentina, Peru dan Brazil. Meski begitu saat ini nanas telah tersebar luas dan dibudidayakan di negara tropis lainnya.

Di Indonesia sendiri ada kota yang dijuluki dengan kota nanas, tepatnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kabupaten Subang dijuluki sebagai Kota nanas hukan tanpa alasan, pasalnya nanas merupakan Komoditas utama di wilayah tersebut.

Subang juga merupakan salah satu pemasok buah nanas terbesar di Jawa Barat. Selain itu provinsi Lampung juga menjadi provinsi yang menjadi penghasil terbesar buah nanas, disusul oleh Jawa Barat, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat. Yang mampu menghasilkan ratusan ribu ton buah nanas.

Dengan banyaknya penghasil nanas di tiap-tiap provinsi maka tak heran pula jika produksi nanas di Indonesia termasuk ke dalam 10 negara dengan produksi nanas terbesar di dunia. Masyarakat di Indonesia sangat beruntung tinggal di negara tropis, yang membuat buah-buahan dampak tumbuh misalnya nanas.

Jika disini nanas dijual dengan harga murah, hal itu berbanding terbalik dengan negara-negara lain. Di Inggris misalnya, harga nanas dibanderol hingga belasan juta Rupiah per buahnya. Harganya mencapai 1000 Poundsterling atau sekitar 18,4 juta per buah.

Yang membuatnya mahal gambaran buah ini harus dibudidayakan secara khusus. Sulitnya pengembangan buah nanas membuat ongkos produksi sangat tinggi, sehingga harganya menjadi fantastis. Sebab nanas tumbuh di negara tropis bukan negara empat musim seperti Inggris.

Nilai ekspor nanas Indonesia beberapa tahun terakhir menunjukkan tren peningkatan. Menurut data BPS pada tahun 2020 nilai ekspor nanas di Indonesia mencapai kurang lebih 274 juta us dolar, angka ini meningkat 34,49% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 203 juta you US Dollar.

Tingginya ekspor nanas ini diduga karena adanya Pandemi Covid-19 yang membuat orang-orang lebih memperhatikan gaya hidupnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Beberapa negara tujuan utama ekspor nanas Indonesia yaitu Amerika Serikat, Belanda dan Spanyol.

Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor terbanyak Indonesia, di tahun 2020 menurut publikasi BPS pada tahun 2020 Indonesia mengekspor nanas ke Amerika Serikat sebesar 63,94000 ton dengan nilai ekspor mencapai kurang lebih 83 juta US Dollar.

Angka ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 57, 22000 ton. Tingginya tingkat ekspor nanas Indonesia di tengah pandemi ini tentu perlu perhatian khusus dari Pemerintah. Jangan sampai peluang yang menggiurkan ini berlalu begitu saja. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan petani maka bukan hal yang mustahil bagi Indonesia untuk memenangkan momentum ini dan meningkatkan ekspor nanas setiap tahunnya. (pra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.