Buruan Daftar! Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020 oleh KPK RI

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. (akun Twitter @KPK_RI)
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia. (akun Twitter @KPK_RI)

JAKARTA – Melalui Siaran Pers Komisi Pemberantasan Korupsi telah resmi membuka pendaftaran program Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020. Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi merupakan program beasiswa pelatihan intensif selama lima hari yang akan diisi materi-materi yang dibutuhkan dalam mempublikasikan isu pemberantasan korupsi.

Pendaftaran Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020 selama satu bulan, yakni sejak tanggal 15 Juni hingga 15 Juli 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas publik terkait dengan isu korupsi. Tujuan selanjutnya adalah agar publik bisa semakin berperan serta dalam pemberantasan korupsi bersama KPK dengan mempublikasikan isu-isu pemberantasan korupsi.

Kuota Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi akan diikuti oleh 30 peserta terpilih dari berbagai latar belakang, yakni jurnalis, jurnalis warga, komunitas, dan akademisi, yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satu syarat untuk menjadi peserta adalah pernah mempublikasikan artikel/karya terkait dengan isu pemberantasan korupsi di media massa, media sosial, atau platform digital lainnya.

Selain itu KPK membuka program ini dengan menggelar Webinar bertajuk “Memahami Oligarki, Aspek Ketatanegaraan, Ekonomi dan Politik Pemberantasan Korupsi”. Diskusi yang digerar secara daring ini menghadirkan Pimpinan KPK Alexander Marwata, Former Chair of the Departement of Political Science North Western University Jeffrey Winters, Jurnalis dan Founder Narasi TV Najwa Shihab, Pakar Hukum Tata Negara UGM Zainal Arifin Mochtar dan ekonom Faisal Basri.

“Masyarakat perlu disajikan pengetahuan dasar tentang sebab terjadinya korupsi, dampak korupsi dan cara mengawasinya bersama-sama,” kata Alexander Marwata dalam pembukaan AJLK 2020.

Bagi pendaftar yang terpilih, KPK akan memberikan beasiswa pelatihan berupa uang tunai senilai Rp3.500.000 untuk 30 peserta. Selain itu KPK juga akan menanggung seluruh biaya akomodasi peserta selama pelatihan berlangsung, termasuk biaya transportasi pulang pergi para peserta. Setelah pelatihan, peserta diwajibkan menyelesaikan tugas akhir. Tiga peserta dengan tugas akhir terbaik, akan mendapatkan apresiasi berupa uang tunai.

KPK berharap melalui program ini, publik bisa lebih memahami terkait dengan isu korupsi dan pemberantasan korupsi. Tak hanya memahami, publik juga bisa berperan serta dalam pemberantasan korupsi dengan cara membuat karya dan mempublikasikannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan mendaftar Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020, publik bisa mengakses link https://bit.ly/AJLK2020.(dilangsir:kpk.go.id)

Biro Hubungan Masyarakat

Komisi Pemberantasan Korupsi
Jl. Kuningan Persada Kav.4
Jakarta Selatan
(021) 2557-8300  Call Center 198
www.kpk.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *