Bupati Maluku Tenggara Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Hari pahlawan
Pengibaran Bendera merah putih dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tenggara.(wacananews.co.id/pas)

MALUKU TENGGARA, WacanaNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar upacara peringatan hari Pahlawan di lapangan upacara kantor Bupati Maaluku Tenggara dan Taman Makan Pahlawan Rudira Jaya Langgur, Selasa (10/11/2020).

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun memimpin upacara peringatan di lapangan upacara kantor Bupati setempat.

Bacaan Lainnya

Upacara yang dimulai pukul 09.10 WIT tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tenggara selaku Inspektur Upacara dan dihadiri oleh TNI – Polri Pimpinan dan Anggota DPRD Malra serta jajaran ASN lingkup Pemkab Malra.

Upacara diawali dengan upacara bendera. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Selanjutnya, pembacaan Pancasila teks Pancasila oleh Bupati Malra dan Pembukaan UUD 1945 oleh perwakilan Dinas Pendidikan Malra.

Pada kesempatan ini juga, disampaikan pesan-pesan dari Pahlawan-Pahlawwn Nasional, diantaranya pesan dari nyi ajeng serang, jendral Sudirman, Supriadi, Bung Tomo, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Pattimura.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun dalam amanahnya, menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara.

Dikatakannya, hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ” Pahlawanku Sepanjang Masa”.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,” ujar Menteri Sosial.

Batubara menjelaskan, kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia.

Juliari menegaskan, meskipun dalam mada pandemi covid, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Bupat Malra juga menyampaika terima kasih kepada semua jajaran yang telah mendukung gelaran upacara hari Pahlawan.

“Mudahan-mudahan kita akan senantiasa melanjutkan perjuangan para Pahlawan dari berbagi bidang,” tandanya.

Usai dari upacara ini, Bupati bersama jajaran Pimpinan Forkopimda akan melangsungkan upacara ziarah ke taman makam Rudira Jaya Langgur pada pukul 11.00 wit.(pas/w2)

Tinggalkan Balasan