Banjir Aceh Timur Telan Satu Korban Meninggal Dunia dan 60 Desa Terdampak

Banjir aceh tiimur
Pantauan banjir melalui udara yang melanda Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh sejak Rabu lalu (2/12) dan masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (6/12). (Istimewa)

Aceh Timur, WacanaNews.co.id — Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, menewaskan satu warga. Peristiwa ini terjadi sejak Rabu lalu (2/12) dan masih berlangsung hingga hari, Minggu (6/12).

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan 12 desa terdampak banjir yang meluas sejak dua hari yang lalu. Kedua belas kecamatan yang terdampak antara lain Kecamatan Peureulak Timur (7 desa), Julok (5), Birem Bayeun (1), Peudawa (2), Indra Makmur (5), Sungai Raya (13), Peuerulak (11), Ranto Peureulak (5), Pante Bidari (2), Idi Tunong (6), Nurussalam (1) dan Peureulak Barat (2). Total desa terdampak di sejumlah kecamatan tersebut berjumlah 60 desa.

Perkembangan per 6 Desember 2020, pukul 16.20 WIB, menyebutkan jumlah keluarga terdampak mencapai 13.675 KK atau 48.184 jiwa. Warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman mencapai 1.911 KK atau 7.168 jiwa. Pemerintah daerah telah melakukan upaya penanganan darurat seperti evakuasi, kaji cepat dan pendistribusian logistik kepada para warga yang mengungsi.

Sedangkan data kerugian materiil sementara mencatat rumah rusak berat 1 unit dan 1 rusak sedang di Julok. Jembatan rusak berat teridentfikasi di Peudawa 2 unit, Peureulak 1, Idi Tunong 1 dan Peureulak Barat 1. Di samping kerusakan infrasturktur jembatan, peristiwa ini menyebabkan jalan putus di 2 titik di wilayah Idi Tunong. Sebanyak 13.675 unit rumah terdampak dan tinggi muka air terpantai masih berada pada 50 hingga 100 cm.

Melihat analisis InaRISK, kabupaten ini memang merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir pada kategori kelas sedang hingga tinggi. Terdapat 24 kecamatan dengan luas 71.232 hektar pada kawasan rawan banjir tersebut.

Sementara itu, melihat prakiraan dini cuaca BMKG, Aceh pada esok hari, Senin (7/12) masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Wilayah-wilayah yang telah terdampak banjir, hari ini masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan.

Masyarakat Aceh Timur diimbau untuk waspada terhadap bahaya hidrometeorologi dan mempersiapkan diri apabila harus melakukan evakuasi, khususnya di masa pandemi Covid-19 masih berlangsung.(langsir:bnpb.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *