Bagikan Tafsir Al-Jailani pada Para Qori’ di Lailatul Qiro’ah, Khofifah Ajak GenZi Jadi Generasi yang Cinta dan Mengamalkan Qur’an

khofifah genzi
Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa hadir di tengah para GenZi dalam acara Lailatul Qiro’ah Sambut Lailatul Qadr Ramadhan 1445 H yang dihelat di Masjid Al Akbar Surabaya. (istimewa)

SURABAYA, WacanaNews.co.id — Ketua Umum PP Muslimat NU yang juga Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa secara khusus hadir di tengah para GenZi dalam acara Lailatul Qiro’ah Sambut Lailatul Qadr Ramadhan 1445 H yang dihelat di Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (6/4/2024) malam.

Dalam acara yang menghadirkan para qori’ muda mulai dari tingkat regional, nasional hingga internasional ini, Khofifah secara khusus membagikan hadiah bagi para qori’ yang menurutnya adalah para penjaga Alquran kitab suci Allah SWT.

Khofifah secara khusus membagikan hadiah berupa taliasih tafsir Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Tafsir Alquran ini memiliki sejumlah keunggulan. Dimana tafsir ini menggunakan corak penafsiran isyari yang berupaya untuk memahami makna ayat-ayat Al-Qur’an baik secara lahir maupun batin yang dihubungkan dengan ketauhidan sebagai pokok ajaran dari tasawuf.

“Pada para generasi Z yang malam ini hadir dalam Lailatul Qiro’ah di malam 27 Ramadhan kali ini,  Khofifah ingin sampaikan pesan, agar jadikan Alquran sebagai penerang hati kita  semua. Alquran adalah kalam Allah yang harus menjadi penuntun jalan hidup kita agar selamat di  dunia maupun di akhirat,” tegas Khofifah.

“Jadilah generasi muda yang cinta Alquran dan jadilah generasi yang mengamalkan Alquran,” imbuhnya.

Total ada sebanyak enam orang qori’ yang dihadiahi Tafsir Alquran karya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani malam ini. Yaitu KH Mu’min Aenul Mubarok, S.Pdi yang merupakan Qori Internasional, Ustadz Dzanial Moh Chubaibillah yang merupakan qori sekaligus juara MTQ Nasional  di Jambi Tahun 2023, Adinda Dinar Aulia Putri yang adalah Juara MTQ Nasional Anak di Jambi Tahun 2023.

Serta Ustadzah Diah Maghfiroh Wahyuni Juara MTQ Provinsi Jawa Timur Dewasa Putri Tahun 2023 di Kota Pasurua, Ustadz Abdul Jalil yang merupakan Juara MTQ Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 Dewasa Putra di Kota Pasuruan serta Ananda Fathir Zulfiyan Alfi yang merupakan Juara MTQ Provinsi Jawa Timur Anak Tahun 2023 di Kota Pasuruan.

Lebih lanjut Khofifah yang juga penerima Honorary Award for Global Peace and Women Empowerment atau Perdamaian Gobal dan Pemberdayaan Perempuan dari Minhaj-Ul-Quran International mengajak GenZi Jatim untuk rajin membaca Alquran.

“Rasulullah Muhammad SAW selalu mengkhatamkan Alquran satu kali dalam bulan Ramadhan dan ditashih langsung oleh Malaikat Jibril. Hal ini untuk memastikan bahwa ayat ayat Al Qur’an yang dibawa oleh Malaikat Jibril AS sampai secara utuh tidak ada yang terlewat.  Dan pada ramadhan di tahun terakhir sebelum beliau wafat, banyak disebutkan oleh perowi hadist bahwa Rasulullah mengkhatamkan Alquran sebanyak dua kali  juga dengan metode talaqqi dengan Malaikat Jibril AS pada tahun terahir sebelum wafat untuk kembali  memastikan dan menyisir kembali ayat-ayat yang diturunkan Allah SWT  melalui Malaikat Jibril telah utuh dan sempurna,” tegasnya.

Untuk itu, ia kembali memberikan apresiasi dan terima kasihnya para generasi muda qori’, Qari’ah dan juga hafidz hafidzhoh yang berperan besar dalam menjaga dan mengawal Alquran. Yang artinya para qori, hafidz maupun hafidzoh adalah mereka yang juga menjaga kitab suci agama  Islam.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini juga berpesan agar GenZi tak hanya rajin membaca Alquran tapi juga belajar untuk memahami makna Alquran dan kemudian mengamalkannya.

“Mudah-mudahan kita semua Allah jadikan pecinta Alquran dan dijadikan Allah sebagai umat yang senantiasa mengamalkan Alquran,” pungkas Khofifah. (oby/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *