AWAI Minta Dana CSR Perusahaan Raksasa di Aceh Timur Tidak Vakum

csr aceh timur
Ketua DPP AWAI Dedi Saputra (kiri) bersama Maulana Humas AWAI (kanan). (wacananews.co.id/han)

ACEH TIMUR, WacanaNews.co.id — Ketua DPP Aliansi Wartawan Aceh Independen (AWAI) Dedi Saputra, Melalui Humas, Maulana mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan juga DPRK untuk membuat regulasi terkait pengelolaan dana CSR di Kabupaten Aceh Timur, Selasa, (29/03/2022).

Hal tersebut perlu dilakukan untuk memudahkan pengelolaan dana CSR di Kabupaten Aceh Timur, DPRK Aceh Timur harus menyiapkan Qanun yang mengatur tentang pengelolaanya.

“Selain untuk pembangunan infrastruktur dan kebutuhan pemerintah penggunaan dana CSR wajib menyasar persoalan lembaga nirlaba,” ujarnya.

Andi Juanda selaku Sekjen DPP AWAI juga menambahkan, “mengajak pihak BUMN, BUMD dan Swasta khususnya perusahaan-perusahan raksasa yang berkecimpung migas,minyak, pertanian dan perkebunan dan juga perusahaan yang membangun Insprasuktur (kontraktor) yang sudah puluhan tahun beroperasi di Aceh Timur untuk mengalokasikan Dana Corporate Social Responsibility untuk pemberdayaan lembaga nirlaba di Kabupaten Aceh Timur,” cetusnya.

Sepertinya saat akhir tahun 2019 lalu pernah ada pihak untuk memunculkan program penyusunan kerja untuk CSR dari perusahaan yang ada di Aceh Timur, tetapi seperti nya vakum dan tidak berlanjut, tambah andi.

Maulana juga berharap BUMN, BUMD dan Swasta untuk membuat program corporate social responsibility (CSR) yang menyasar persoalan pelatihan lembaga nirlaba yang lebih maju dan profesional di Kabupaten Aceh Timur.

“Sektor lembaga nirlaba dinilai memberi dampak besar bagi kehidupan masyarakat Aceh Timur,” Kata Maulana.

“Sudah waktu dan saatnya CSR itu disalurkan untuk lembaga nirlaba, seperti alat operasional untuk lembaga, modal usaha dan pelatihan menurut bidang nya masing masing.” imbunya.

Selain itu, dia juga meminta pihak BUMN/BUMD dan Swasta untuk membantu gerakan penghijauan yang sedang digencarkan pemerintah pusat.

Tambah Maulana, CSR harus menjadi gelombang besar dalam penanggulangan dampak sumber daya manusia di Aceh Timur, bukan hanya percikan saja, yang dinikmati oleh kelompok kecil masyarakat Aceh Timur.

Humas AWAI ingin CSR dapat membuat sumberdaya manusia yang lebih maju dan lebih baik. Ia berharap CSR dapat digunakan secara efisien dan dapat memberi pengaruh yang nyata kepada sumber daya manusia dan masyarakat. (han/w2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *