Disdikbud Jombang Gelar Lomba Keagamaan Islam Siswa Tingkat SD

lomba keagamaan islam
Penampilan Salah satu peserta Lomba. (istimewa)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) gelar Lomba Keagamaan Islam Siswa SD Tahun 2024, Senin (30/9/2024).

Sebanyak 7 cabang lomba dilaksanakan secara serentak di Lingkungan Disdikbud Jombang, mulai lomba Banjari, Tahfidz Al Qur’an, Baca Kitab Diniyah, Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), Tartil Al Qur’an, Qiro’ah dan Kaligrafi.

Plh Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang Wor Windari dalam sambutannya menyampaikan bahwa Lomba Keagamaan Islam Siswa SD merupakan wadah untuk mengespresikan nilai-nilai yang telah didapatkan pada pembelajaran di satuan pendidikan.

“Melalui ajang lomba ini, diharapkan akan menghasilkan calon-calon juara baik ditingkat kabupaten, provinsi, nasional yang mengharumkan Kabupaten Jombang,’’ katanya.

Perlu diketahui, Peserta Lomba Keagamaan Islam Siswa SD Tahun 2024 tingkat Kabupaten Jombang merupakan perwakilan dari 21 kecamatan yang telah melalui seleksi di kecamatan masing-masing.

Kegiatan lomba keagamaan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, Mereka dapat melatih keterampilan beribadah, pengetahuan agama, kemampuan hafalan, serta kedisiplinan dalam menjalankan ajaran Islam.

Tujuan guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap agama sehingga mampu mengembangkan dirinya sejalan dengan norm-norma agama dan mampu mengamalkannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya di masyarakat.

“Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama; Membina toleransi kehidupan antar umat beragama; Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan; Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah,” ungkapnya.

Pendidikan agama dan keagamaan, Fungsi pendidikan agama adalah membentuk manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yan maha esa, serta berahlak mulia dan mampu menjaga kedamaian kerukunan antar umat beragama.

Pendidikan agama memberi kita kesempatan untuk berdialog mengenai pentingnya kebebasan, untuk berekspresi dalam agama, dan hak setiap individu untuk menjalankan kepercayaannya, apa pun denominasi atau aliran agamanya.

Selain itu, menurut Wor Windari, tujuan diadakannya perlombaan kegiata Islami itu adalah untuk membudayakan kreativitas sekaligus menumbuh kembangkan prestasi siswa. Lomba siswa tingkat SD juga bisa membantu untuk membentuk mental anak-anak akan kuat. Dengan mental yang kuat, mereka pasti siap untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Perlu diketahui, Setelah serangkaian lomba selesai dilaksanakan, saatnya para juri lomba mengumumkan pemenang dari masing-masing kategori. Pengumuman kejuaraan dilakukan dengan penuh khidmat di hadapan para peserta, yang penuh harap dan semangat. Hadiah-hadiah pun disiapkan untuk diberikan kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan keberhasilan mereka dalam melaksanakan lomba.

“Dengan lomba keagamaan yang diadakan di Diknas Pendidikan Jombang menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan anak-anak terhadap ajaran agama Islam. Semoga kegiatan serupa dapat terus digelar untuk membantu memperkuat akidah dan ketaqwaan generasi muda di lingkungan sekitar,” pungkasnya. (pras/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *