Pilkada Jombang 2024, LSM GeNaH Resmi Jadi Lembaga Pemantau

pemantau pilkada jombang
Penyerahan Sertifikat Pemantau oleh KPU Jombang kepada Ketua LSM Generasi Nasional Hebad (GeNaH). (wacananews.co.id/mar)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Turut serta dalam pengawasan Demokrasi di Kabupaten Jombang, LSM Generasi Nasional Hebad (GeNaH) telah resmi menjadi salah satu lembaga Pemantau di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang yang akan diselenggarakan di tahun 2024.

Diketahui, LSM Generasi Nasional Hebad (GeNaH) telah menerima Sertifikat Pemantau Nomor: 474/PP.03.2/3517/2024 Komisi. Pemilihan Umum Kabupaten Jombang. Dan telah dilakukan Verifikasi berkas administrasi dan menurut ketentuan peraruran perundang – undangan dinyatakan Terakreditasi sebagai Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2024.

Aditya Beny Suryanata selaku sekretaris LSM GeNaH mengaku telah menerima Sertifikat Pemantau dari KPU Jombang yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran sebagai lembaga Pemantau beberapa waktu lalu.

“Kita sudah menerima Sertifikat Pemantau pada hari Selasa 17 September 2024 yang langsung di tandatangani Ketua KPU Jombang. Sebelumnya kita memang telah mendaftarkan lembaga ini ke KPU Jombang beserta dokumen – dokumen yang di syaratkan,” ungkap Beny, Rabu (18/9/2024).

Beny menesgaskan kita Lembaganya akan bersikap netral dan bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang – undangan. Pihaknya juga mengaku dalam waktu dekat juga akan mengadakan pelatihan Pemantau kepada seluruh anggota untuk sebagai bekal terjun dilapangan nanti.

Sertifikat Pemantau LSM Generasi Nasional Hebad (GeNaH). (wacananews.co.id/mar)

“Sesuai dengan ketentuan perundang – Undangan kita akan Netral dan sesuai ketentuan yang berlaku. Kita juga akan melakukan pelatihan kepada anggota sebagai Pemantau Pemilu agar semua anggota mempunyai bekal dan batasan – batasan yang harus dilakukan,” ungkap Beny.

Sementara itu, Ketua KPU Jombang Ahmad Udi Masjkur membenarkan jika pihaknya sudah memberikan Sertifikat Terakreditasi kepada LSM Generasi Nasional Hebad. Karena sebelumnya dokumen pendaftaran dan administrasi sudah lengkap dan sudah sesuai ketentuan Perundang – undangan.

“Benar sekali kita sudah menyerahkan Sertifikat Pemantau kepada LSM GeNah. Karena sudah pelakukan pendaftaran dan administrasinya sudah lengkap dan sesuai,” jelas Mas Udi panggilan akrapnya, Selasa (17/9/2024).

KPU Jombang juga berharap Lembaga Pemantau LSM GeNaH bisa memberikan warna dan membantu pengawasan pada proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nanti. Yang pasti kita juga akan mendapatkan laporan dari hasil pemantauan yang dilakukan sebagai masukan dan kajian.

“Kita berharap lembaga ini bisa mewarnai Pilkada yang akan datang. Dan turut melakukan pengawasan terhadap proses pemilihan ini. Selain itu lembaga ini juga wajib memberikan laporan kepada kami dari hasil pemantauan,” pungkasnya. (mar/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *