Grafis  

8 Cara Mengatasi Lag di HP Android Saat Bermain Game

8 Cara Mengatasi Lag di HP Android Saat Bermain Game

GRAFIS, WacanaNews.co.id — Hp baru sebenarnya tidak membawa masalah dan bahkan berjalan lancar. Namun seiring berjalannya waktu. Perangkat akan mulai terasa lambat bahkan terkadang harus mengatasi hp lag atau crash saat bermain game.

Hal ini sangat wajar karena semakin lama kita menggunakan Android, biasanya semakin banyak aplikasi dan game yang diinstal.

Beberapa penyebab game lag di Android

Spesifikasi tidak memadai

Prosesor dan RAM terlalu sibuk

Memori penuh

Terlalu banyak aplikasi

dll

Untuk game online ya ada salah satu alasan kenapa game lemot saat dimainkan. yaitu koneksi tidak baik. Kamu harus tahu cara menstabilkan koneksi di game online agar lag hilang

Nah, kali ini kami akan mengulas secara singkat cara agar Android saat digunakan untuk game tidak lemot, baik saat bermain game maupun saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

8 Cara Mengatasi Lag di Android Saat Bermain Game

Cara-cara berikut ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cara ini bisa mengatasi game lag di Android tanpa root. Simak artikel ini sampai selesai ya sobat..

1. Hapus saja Aplikasi yang Tidak Digunakancara hapus aplikasi

Selama ini mungkin kita hanya berasumsi bahwa aplikasi lama yang sudah tidak digunakan lagi tidak akan menjadi masalah jika dibiarkan di smartphone atau tablet Android.

Hal ini benar, tetapi alangkah baiknya juga jika kita menghapus aplikasi tersebut sehingga dapat memberikan sedikit ruang kosong untuk aplikasi lain yang menguntungkan.

Menghapus atau menguninstall aplikasi tidaklah sulit. Anda tinggal masuk ke menu Setting lalu klik Apps, lalu buka aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu sudah tekan tombol uninstall.

Pada beberapa jenis smartphone juga bisa kita lakukan dengan cara menekan dan menahan icon yang ada di layar menu utama di layar hp kalian, kemudian tinggal geser ke icon tempat sampah.

2. Bersihkan Cache Hpcara bermain game pubg
Hampir semua aplikasi akan menyimpan cache untuk berbagai keperluan. Dalam keadaan normal, aplikasi ini akan menjaga file cache mereka agar tidak bertambah besar dengan menghapus cache lama yang tidak lagi digunakan.

Namun terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal sehingga cache yang lama tidak terhapus.

Jika keadaannya seperti itu, maka kita sebagai pengguna otomatis harus menghapusnya secara manual. Caranya buka dulu menu Setting kemudian Apps, lalu buka aplikasi disana. Setelah terbuka Anda akan melihat ukuran cache dari aplikasi yang satu itu.

3. Hapus File Yang Tidak Pentingmenghapus file tak berguna

Seperti disebutkan di atas, menghapus aplikasi dapat membuat ruang kosong baru di memori yang sangat berguna. Nah, ruang kosong itu juga bisa kita dapatkan dengan cara menghapus file-file yang tidak dianggap penting atau sudah tidak digunakan lagi.

Jika kita ingin meluangkan sedikit waktu untuk memeriksa berbagai folder di memori internal atau eksternal, kita pasti akan menemukan banyak file yang tidak berguna lagi. Untuk mencari file-file tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi seperti aplikasi bernama ES File Explorer dan lain-lain.

Tak hanya itu, baterai ponsel pun akan cepat terkuras sehingga membuat kinerja ponsel Android Anda semakin melemah.

Nah, itulah mengapa pastikan Anda tidak membuka terlalu banyak aplikasi. Anda bisa menutup beberapa aplikasi yang tidak digunakan di ponsel Anda. Ini akan membantu memperlancar kinerja ponsel Android saat bermain.

4. Matikan / Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Aktif

Masih dengan cara agar hp android tidak lemot saat bermain game. Kali ini triknya matikan aplikasi lain yang sedang aktif dan tidak digunakan.

Ya, otomatis smartphone akan terasa lamban dan sangat berat ketika banyak aplikasi digunakan secara bersamaan. Ini akan memakan banyak RAM di ponsel Anda.

Tak hanya itu, baterai ponsel pun akan cepat terkuras sehingga membuat performa di ponsel Android Anda semakin melemah.

Nah, makanya pastikan hp kamu tidak terlalu banyak membuka aplikasi. Anda bisa menutup beberapa aplikasi yang tidak terpakai yang akan membebani ponsel Anda. Ini akan membantu memperlancar kinerja ponsel Android saat bermain game, lho.

5. Jangan Mengisi Daya Ponsel Anda Saat Bermainbermain sambil cas

Mengisi daya saat bermain game adalah satu hal yang tidak boleh Anda lakukan. Karena panas yang akan muncul saat charging justru akan membuat kinerja HP ​​Android kamu melambat. Akibatnya, Anda akan menghadapi masalah lagging yang serius.

Tidak hanya itu, bermain game saat sedang di-charge akan membuat ponsel Android Anda cepat rusak.

Tips lainnya, Anda juga disarankan untuk menggunakan kabel charger asli dan bukan yang palsu. Kabel charger palsu justru akan cepat merusak ponsel Android kamu lho. Jadi pastikan daya dan baterai asli terisi penuh sebelum bermain game.

6. Hidupkan Ulang HPrelot hp

Jika Anda masih mengalami lag saat bermain game di ponsel Anda? Solusi lain yang bisa kami tawarkan adalah dengan me-restart saja game yang sedang Anda mainkan. Untuk memperlancar kinerja hp versi android saat bermain game salah satunya dengan me-restart game yang dapat menurunkan performa kecepatan hp anda.

Setelah Anda me-restart game di ponsel Anda, disarankan untuk meninggalkannya selama sekitar 10 menit. Istirahatkan ponsel Anda sejenak hingga ponsel Anda kembali normal. Jika sudah cukup, maka Anda bisa kembali bermain game lagi. Cara agar Android tidak lemot saat memainkan game yang satu ini cukup ampuh dan bisa kamu coba.

7. Ubah Pengaturan Manajemen Daya di Pengaturan di Ponsel Android

Google telah menambahkan beberapa fitur Battery Saver pada os android lollipop ke atas, hal ini berguna bagi pengguna untuk mengatur performance manager dari hp android, baik itu untuk penghemat baterai, normal dan lainnya.

Membahas tentang penghemat baterai cara menghemat baterai hp android. Fungsi utama dari pengelola baterai adalah untuk menghemat baterai, kami memilih mode terendah. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan ponsel Android untuk memainkan game online multiplayer versi Android, setel ke mode performance.

8. Ganti HP Baruhp baru

Jika semua cara diatas masih belum bisa mengatasi masalah lag di hp anda, mungkin cara yang satu ini bisa anda gunakan dan selamat mencoba. Ya, kemungkinan besar masalahnya ada pada ponsel Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, HP juga memiliki batasan untuk setiap spesifikasinya. Jika Anda memaksa ponsel Anda untuk bekerja lebih keras, maka jangan heran jika ponsel akan mengalami lagging yang parah.

Solusi dari sini adalah mencoba menggantinya dengan HP yang memiliki performa lebih cepat dan spek tinggi. Anda juga tidak perlu mencari hp yang mahal, karena pilihan HP 2 jutaan dan HP 3 jutaan juga sudah bisa untuk main game di versi Android.

Tertarik untuk membeli ponsel baru?

Akhir kata

Nah itulah beberapa cara agar Android tidak lemot saat digunakan. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi repot melakukan factory reset untuk mengembalikan performa ponsel.

Sekarang Anda dapat membuka berbagai macam aplikasi dan game tanpa masalah lag yang parah atau semacamnya. Semoga berhasil dan selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.