Grafis  

8 Alat Canggih Anti Banjir Yang Digunakan di Eropa dan Amerika

alat anti banjir
Alat Anti banjir yang sering digunakan di Eropa dan Amerika.

GRAFIS, WacanaNews.co.id — Banjir yang banyak dialami negara-negara di dunia termasuk Indonesia dan karena itu beberapa negara telah membuat terobosan untuk mengatasi banjir ini dengan menggunakan teknologi canggih saat ini alat anti banjir banyak diciptakan oleh para Insinyur dan Ilmuwan.

1. Acouastop Extesa

Acouastop Extesa
Acouastop Extesa merupakan alat penahan banjir buatan Jerman yang mudah dibawa ke mana-mana tanpa membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan. Alat anti banjir ini dapat dipasang di berbagai jenis pintu rumah pintu, gerbang, rolling door dan pintu-pintu lainnya. Proses pemasangan Acouastop Extesa ini juga sangat mudah dan cepat tinggal di ukur lebar pintu yang akan dipasang.

Alat tersebut kemudian disesuaikan dengan lebar pintu sesuai dengan petunjuk pada buku atau videonya. Selanjutnya pengguna tinggal memasang akun ini di depan pintu tanpa kunci dengan pengunci yang sudah disediakan pada paketnya. Acouastop Extesa terbukti ampuh menantang yang datang dan air yang masuk dijamin tidak akan masuk atau merembes ke dalam.

2. Herrmann ReitthalerHerrmann Reitthaler
Herrmann Reitthaler adalah alat penahan banjir yang berasal dari Jerman yang berupa sekam lipat yang dapat bergerak secara otomatis alat anti banjir ini cocok digunakan di perkantoran, gedung bertingkat, Mall serta perumahan yang sering menjadi langganan banjir. Herrmann Reitthaler ini juga sangat mudah ketika ada air yang masuk ke dalam alat ini akan segera mendapat sinyal dan kemudian akan naik secara otomatis menutup secara vertikal.

3. Muscle WallMuscle Wall
Muscle Wall alat dari perusahaan asal Amerika ini merupakan alat penahan banjir yang paling kuat yang ada. Muscle Wall di pasaran dan pemasangannya Muscle Wall ini tidak memerlukan alat berat karena alat anti banjir ini sangat ringan dan dapat digunakan berulang kali untuk pemasangan.

Muscle Wall ini masih manual yaitu dengan menata satu persatu setelah itu diberi tali pengikat dan di ikat dengan kencang. Muscle Wall ini terbukti mampu menahan air gelombang angin kencang poin-poin berterbangan dan masih banyak lagi.

4. AggeresAggeres
Aggeres adalah alat penahan banjir yang dapat menutup dengan sendirinya. Efisien dalam melindungi banjir sejak tahun 1998 dan sangat cocok digunakan untuk pemukiman, perkotaan dan fasilitas umum seperti Terminal, tempat parkiran, terowongan, kantor bisnis, dan masih banyak lagi.

Amerika dan Eropa akhir-akhir ini banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan antara lain tidak memerlukan sistem kelistrikan dalam prosesnya dapat dipindahkan ke mana saja sesuai kebutuhan perawatannya ini juga sangat minimal kemudian tahan dan awet sampai penggunaan 50 tahun.

Cara kerja dari alat ini juga sangat sederhana ketika air datang maka tekanan air yang mulai tinggi akan masuk ke bawah mengalami dan otomatis penghalang tersebut akan naik dengan sendirinya akibat tekanan air dari bawah setelah surut maka akan otomatis masuk lagi ke dalam.

5. IBS TechnicsIBS Technics
Selama kurun waktu 20 tahun terakhir IBS Technics ini dipercaya di banyak negara di dunia seperti Inggris, China, Amerika hingga Jepang, untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering melanda negara-negara tersebut.

Berbentuk seperti dinding untuk menahan banjir. IBS Technics ini digunakan untuk skala besar saja seperti melindungi suatu kota, komunitas, hingga fasilitas-fasilitas industri. Sistem dinding penahan banjir ini juga sangat kuat karena menggunakan sekrup dan teknologi menjepit yang sangat canggih.

Dinding Penahan banjir yang bernama IBS Technics ini juga dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan dan terbukti sini sudah melindungi banyak kota di dunia. Seperti di salah satu kota di Austria, di mana proyek pertahanan banjir tersebut memiliki pagar pembatas yang tingginya 4,6 m dan berhasil mencegah banjir yang akan masuk ke kota tersebut.

6. Floodstop Flood BarrierFloodstop Flood Barrier
Merupakan alat penahan banjir yang berbentuk balok yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika. Floodstop Flood Barrier dirancang untuk menahan banjir yang datang untuk sementara waktu saja tapi meski begitu alat ini sangat ringan dan cepat dalam pemasangannya.

Floodstop Flood Barrier menerapkan sistem atau sistem pengunci satu sama lain dan dapat dikerjakan oleh 1 orang saja, dari alat ini memiliki tinggi sekitar 60 cm per unitnya dan dapat ditempuh sesuai dengan kebutuhan untuk cara kerja dari ini juga sangat simpel di bagian ini terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk menyerap air banjir masuk ke dalam alat tersebut, air masuk kedalam ini juga berguna untuk mengamankan posisi agar tidak mudah terserang oleh banjir yang datang.

7. Quick DamsQuick Dams
Merupakan alat praktis yang dapat digunakan untuk menangani banjir dan prinsip kerja alat ini sama dengan alat penahan banjir pada umumnya. Kantong penahan banjir ini akan aktif ketika dalam kondisi basah, karena kantong ini dapat menyerap air yang datang dan menyimpannya di dalam sehingga semakin lama kantong ini bisa menjadi semakin besar.

Untuk proses aktif ini juga hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Quick Dams ini dapat tumbuh maksimal sampai 3 tumpukan dan formasi tumpukannya ini mirip dengan penataan batu bata.

8. AquafenceAquafence
Merupakan alat penahan banjir yang sudah terbukti memiliki sertifikat berstandar Internasional. Aquafence ini sangat kuat dalam menahan gelombang air yang keras sekalipun. Aquafence yang dirangkai menjadi satu bentuk persegi panjang dan saat dihantam ombak air laut alat ini dapat menahan nya dan mencegah air laut tidak masuk ke dalam.

Untuk pemasangan alat ini memang sedikit agak lama dibandingkan dengan alat penahan air lainnya, namun saat sudah terpasang alat ini dapat digerakkan ke arah vertikal dan horizontal sampai kemiringan 5 derajat.

Itulah tadi 8 (Delapan) alat anti anjir canggih yang dapat menjadi referensi anda yang rumahnya sering mengalami kebanjiran. (pras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.