PEMERINTAHAN

Puncak Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 111 Tahun 2021

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Malam Puncak Tasyakuran Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 111 Tahun 2021 sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 111 digelar di Pendopo Pemkab Jombang, Kamis (28/10/2021) malam.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab dalam sambutannya mengaku bersyukur atas capaian keberhasilan dan penghargaan yang telah diraih pemerintah Kabupaten Jombang baik di bidang fisik maupun non fisik. “Kami sangat bangga dan mengapresiasi kinerja seluruh perangkat daerah dan juga stakeholder atas kerjasama dan berpartisipasi dalam mengawal serta memberikan dukungan serta, saran dalam mencapai keberhasilan tersebut”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

“Kedepan tantangan semakin berat, masih terdapat pekerjaan besar yang harus tetap kita kawal dan wujudkan bersama-sama, tetapi saya yakin kita semua akan tetap kuat dan kompak serta semangat dalam mengemban amanah tersebut tentu saja dengan memohon kekuatan dan Ridho dari Alloh SWT, terutama capaian vaksinasi lansia masih harus kita tingkatkan hingga 60 persen. Bersama Forkopimda saya juga sudah mengkomunikasikan akan kembali membuka ziarah makam Gus Dur pada 1 November. Dengan ketentuan pengunjung tetap Prokes, terbatas dan harus vaksin 2 kali”, tambahnya.

Menurut Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini bahwa setiap capaian atau prestasi yang sudah diraih Kabupaten Jombang tentunya merupakan kerja keras semua pihak yang telah memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Jombang, mulai dari jajaran birokrasi pemerintahan daerah, TNI/Polri, Forkopimda dan instansi vertikal, para pelaku ekonomi hingga seluruh elemen masyarakat Jombang.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Jombang, agar saling menguatkan di masa pandemi covid-19. Ini, masa-masa berat seperti ini pernah dilewati nenek moyang dengan segala keterbatasannya, namun tidak menyerah dan gigih menolak kalah dari wabah. Semua bergerak dan berusaha, berikhtiar. Malam ini tepat 28 Oktober 2021 menjadi momentum Malam Puncak Hari Jadi Ke 111 Pemerintah Kabupaten Jombang yang dihibur dengan gelak tawa Kirun CS”, tandas Bupati putri dari Pahlawan Nasional KH. Abd. Wahab Chasbullah.

Di usia Ke-111 tahun ini, Bupati berharap menjadi momentum tepat untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kemampuan untuk mewujudkan Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing. Untuk setiap masyarakat di Kabupaten Jombang harus mempersiapkan diri, pikiran, jiwa dan raga untuk memasuki era baru.

Bupati Mundjidah Wahab juga menyinggung kesiapan masyarakat Kabupaten Jombang untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. Berdasarkan data dari BMKG wilayah Jawa Timur akan memasuki musim penghujan pada bulan November  2021 dan puncaknya pada bulan Januari hingga Februari tahun 2022, bahkan untuk musim hujan saat ini dimungkinkan mengalami peningkatan intensitas curah hujan. Untuk itu perlu perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel TNI Polri, BPBD, Nakes, seluruh stakeholder lainnya beserta masyarakat Jombang yang bersama-sama telah mendedikasikan seluruh waktu, tenaga serta pikiran dalam rangka penanganan covid 19 di wilayah Kabupaten Jombang sehingga saat ini kita sudah bisa melewati masa-masa kritis pandemi covid 19 dan masuk level 1. Namun demikian saya berharap seluruh komponen masyarakat Jombang tetap waspada dengan tetap patuh protokol kesehatan pencegahan serta meningkatkan kegiatan vaksinasi secara masif,”, pungkasnya.

Memeriahkan malam puncak Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Jombang Ke 111 yang diselenggarakan secara terbatas dan virtual, dari Pendopo Pemkab Jombang, Dinas Kominfo Kabupaten Jombang telah menyiarkan melalui streaming YouTube channel YouTube Channel Jombangkab TV dan mendengarkan Radio Suara Jombang di 104.1 FM. Antara lain dimeriahkan penampilan campursari Kridho Utomo dari Diwek Pimpinan Gus Edo, Tari Kidung Santri, Lagu Bumi Santri oleh Dewan Kesenian Jombang dan Komunitas Jawa Dwipa, tampilan ludruk dalam rangka nguri uri budaya, yakni menampilkan Kirun bersama Jo Klitik dan Jo Klitik. Panitia juga menyiapkan undian berhadiah/doorprize bagi undangan yang hadir. Pada kesempatan tersebut, Bupati Jombang juga menyerahkan uang pembinaan secara simbolis untuk Diah Ekowati atlit dan Eko Wahyudi pelatih yang berprestasi di Pekan Paralimpyc.

Bupati Jombang menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dewan Kesenian Jombang dan Komunitas Jawa Dwipa yang telah yang menciptakan tarian untuk menyambut tamu,Tari Kidung Santri, juga Lagu Bumi Santri, ini sesuai dengan logo Jombang Santri. Bupati Mundjidah Wahab juga menyampaikan akan membangun gedung kesenian tahun 2022 lokasinya di dekat Indoor tennis. “Dengan adanya Gedung Kesenian akan mewadahi kreasi, inovasi dan aksi anak muda Kabupaten Jombang yang sangat kreatif” pungkasnya.(aan/w2)

Tags: bupati jombang Hari Jadi Jombang 111 Kabar Jombang hari ini Malam Puncak Hari Jadi Jombang