Polemik Aturan Paskibraka Lepas Jilbab, BPIP Angkat Suara

Polemik Aturan Paskibraka Lepas Jilbab, BPIP Angkat Suara
Polemik Aturan Paskibraka Lepas Jilbab, BPIP Angkat Suara (istimewa)

PEMERINTAH, WacanaNews.co.id — Polemik Aturan Paskibraka Lepas Jilbab, BPIP Angkat Suara. Tidak Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, menjelaskan adanya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024, melepas hijabnya saat pengukuhan pada selasa kemarin.

Yudian Wahyudi menjelaskan tujuan anggota Paskibraka melepas hijab saat pengibaran yaitu untuk mengangkat nilai -nilai keseragaman pada saat Paskibraka bertugas nantinya diistana.

“Karena memang kan dari awal Paskibraka itu uniform (seragam),” kata Yudian ketika memberi pernyataan pers di Hunian Polri, di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 14 Agustus 2024. Dikutip dari tempo.

Yudi Wahyudi menjelaskan, penyeragaman pakaian tersebut berangkat dari semangat Bhinneka Tunggal Ika yang dicetuskan oleh Soekarno, pendiri bangsa sekaligus presiden pertama Republik Indonesia.

Tak hanya warganet yang menanggapi dari adanya larangan tersebut, Salah satunya Anggota DPR RI, Andre Rosiade menanggapi dugaan tentang pelarangan paskibraka memakai hijab. Ia pu mengkritikeras jika memang Paskibraka putri dilarang untuk memakai hijab.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan Paskibraka putri tetap menggunakan jilbab saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

“Kami meminta kepada seluruh adik-adik putri yang memang menggunakan jilbab, tetap gunakan itu,” ujar Heru di Jakarta, Rabu. Pj Gubernur DKI Jakarta ini menyaksikan Paskibraka putri yang beragama Islam tetap mengenakan jilbab dalam gladi bersih di IKN Rabu pagi.

Heru juga mengklarifikasi bahwa Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tidak pernah menginstruksikan pencopotan jilbab tersebut. BPIP telah berkoordinasi dengan Sekretariat Presiden Joko Widodo, memastikan bahwa Paskibraka putri yang berjilbab dapat tetap mengenakan jilbab sebagaimana saat mereka mendaftar.

Dan setelah adanya polemik yang terjadi melalui BPIP kembali menguggah vidio yang memperlihatkan sejumlah paskibraka kembali memakai hijab  pada saat gladi brsih yangberlangsung pada Rabu (14/8/24).(Ifa/jal)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *