Berita

Perayaan HUT ke-79 TNI 5 Oktober 2024, Inilah Sejarahnya

Sejarah,WacanaNews.co.id — .Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) yang ke-79 akan dirayakan pada hari Sabtu, 5 Oktober 2024. Melansir dari situs resmi Tentara Nasional Indonesia, perayaan HUT TNI tahun ini akan bertempat di Silang Monas, Jakarta. Seluruh masyarakat Indonesia dapat menyaksikan berbagai acara menarik selama berjalannya kegiatan ini. Seperti Jupiter Aerobatik Team, demo bela diri, penampilan dari ketiga matra TNI, serta penampilan dari artis dan musisi ternama Indonesia.

Lantas bagaimana sejarahnya HUT TNI dirayakan setiap tanggal 5 Oktober

Sejarah TNI

Melansir dari website resmi TNI, terdapat beberapa tahapan perkembangan dan perubahan organisasi sampai pada terbentuknya TNI. Berikut rinciannya:

  • TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR).
  • Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).
  • Dalam upaya untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, TKR berubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).
  • Pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden mengesahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menyatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat.
  • Selanjutnya pada akhir tahun 1949 ketika berdirinya Republik Indonesia Serikat (RIS) , terbentuk pula Angkatan Perang RIS (APRIS) yang merupakan gabungan TNI dan KNIL dengan TNI sebagai intinya.
  • Pada bulan Agustus 1950 terjadi pembubaran RIS dan Indonesia kembali ke bentuk Negara kesatuan. APRIS pun berganti nama menjadi Angkatan Perang RI (APRI).
  • Kemudian pada tahun 1962 terbentuk organisasi Angkatan Bersenjata Republika Indonesia (ABRI) sebagai upaya untuk menyatukan organisasi angkatan perang dan Kepolisian Negara menjadi  pada tahun 1962.
  • Kemudian pada 1 April 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah, dan sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI.

Mengapa Pelaksanaan HUT TNI Setiap Tanggal 5 Oktober

Peringatan HUT TNI setiap tanggal 5 Oktober karena tanggal ini menjadi momen penting dalam sejarah pertahanan Indonesia. Perubahan dari BKR menjadi TKR merupakan langkah awal formalisasi angkatan bersenjata yang lebih terstruktur dan terorganisir. Peringatan ini menjadi momen refleksi atas sejarah perjuangan serta pengorbanan para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menjaga integritas bangsa.

(ifa/jal)

 

Tags: 5 Oktober Hari Apa HUT TNI HUT TNI 2024 Perayaan HUT TNI