Pembukaan Program Bina Desa Kalipucang, Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

upn veteran jawa timur
Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

PASURUAN, WacanaNews.co.id — Pembukaan Program Bina Desa Kalipucang 1, yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur, telah berlangsung dengan sukses di Desa Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Program Bina Desa ini dilakukan pada tanggal 3 Mei 2024 yang dihadiri oleh Sekdes Desa Kalipucang yaitu Doddy Dwi S. dan bapak dosen pendamping yaitu Rachmad Ramadhan Yogaswara ST,MT, serta para perangkat desa dan warga sekitar.

Dengan dilakukannya acara pembukaan tersebut secara resmi kegiatan Program Bina Desa yang akan dilaksanakan di Desa Kalipucang akan dilakukan selama kurun waktu 1 bulan.

Desa Kalipucang terkenal sebagai Desa Wisata yang memiliki banyak potensi sumber daya alam, contohnya berupa tanaman cengkeh, kopi, serta banyak warga yang memelihara sapi sehingga Desa Kalipucang juga memiliki banyak hasil peternakan berupa susu dan sumber daya alam lainnya. Banyak hasil olahan dari sumber daya alam yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar seperti produk kopi, produk olahan susu, dan pupuk kompos.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur berencana untuk mengolah limbah kulit kopi dan pisang menjadi berbagai produk yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Salah satu contoh adalah mengolah kulit kopi menjadi pupuk organik yang dapat meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan produksi tanaman. Selain itu, kulit kopi juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti pestisida, briket, dan teh.

Kulit kopi yang diolah menjadi pupuk organik dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan produksi tanaman. Pupuk organik ini dapat digunakan oleh petani untuk meningkatkan hasil panen dan meningkatkan kualitas tanaman.

Selain itu, kulit kopi juga dapat diolah menjadi berbagai produk seperti sabun, shampoo, dan kosmetik yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Dengan adanya Program Bina Desa ini diharapkan dapat melakukan berbagai program kerja yang nantinya akan memberikan manfaat dan edukasi, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Kalipucang.

Semoga program Bina Desa yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar dan dapat mengembangkan serta membantu perekonomian masyarakat Desa Kalipucang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *