Categories: Berita

Manfaat Si Mungil Buah Parijoto

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Si Mungil Buah Parijoto. Sebagian orang mungkin belum familiar dengan parijoto. Buah mirip anggur dan sering disebut dengan anggur asia ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal oleh kelompok masyarakat tertentu.

Bahkan, buah ini disebut-sebut bagus untuk program hamil karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Bagi masyarakat Jawa Tengah, terutama yang tinggal di sekitar Gunung Muria atau Gunung Andong, Magelang,

pemanfaatan buah parijoto sebagai bahan baku obat herbal sudah tak asing lagi. Parijoto sebenarnya tumbuh liar di wilayah pegunungan dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumatera dan Sulawesi.

Buah parijoto kerap digunakan untuk mengobati sariawan, dipercaya dapat mencegah kanker, dan katanya bisa meningkatkan kesuburan. Bahkan mitosnya, jika ibu hamil rutin mengonsumsi buah ini, anak yang dilahirkan akan memiliki paras yang tampan atau cantik.

Manfaat Buah Parijoto : 

Mempercepat penyembuhan sariawan

Buah parijoto sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini berkat sifat antibakteri pada buah parijoto yang mampu menghentikan perkembangbiakan bakteri penyebab sariawan, sehingga sariawan jadi lebih cepat sembuh.

Menjaga daya tahan tubuh

Tahukah kamu, paparan radikal bebas yang berlebih dari polusi udara atau asap rokok bisa membuat daya tahan tubuhmu menurun. Supaya tidak mudah sakit akibat paparan radikal bebas.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Warna cantik pada buah parijoto bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, warna ungu kebiruan pada buah ini dihasilkan oleh senyawa antosianin, yaitu flavonoid yang memberi warna cerah pada tanaman.

Mengaja kesehatan jantung

Saat tekanan darah normal, risiko terkena penyakit jantung juga menjadi lebih rendah. Itulah mengapa konsumsi buah parijoto baik untuk kesehatan jantungmu. Selain itu, flavonoid dalam buah ini juga diketaui bisa mencegah penumpukan plak di pembuluh darah arteri yang memicu sroke

Meningkatkan kesuburan

Secara tradisional, buah parijoto dipercaya mampu meningkatkan keberhasilan program hamil. Meski manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, buah parijoto kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Antosianin dalam buah parijoto tak hanya membantu menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi juga bertindak sebagai antikanker. Flavonoid yang satu ini diketahui mampu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

(ifa/jal)

Tags: Manfaat Si Mungil Buah Parijoto