Grafis  

Manfaat Sagu bagi Kesehatan

Manfaat Sagu bagi Kesehatan
Manfaat Sagu bagi Kesehatan (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Sagu bagi Kesehatan. Manfaat sagu untuk kesehatan ada beragam, mulai dari meningkatkan stamina, mengontrol gula darah, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Beragam manfaat tersebut tentunya berasal dari berbagai kandungan di dalam sagu yang dikenal baik untuk tubuh.

Berkat mengandung banyak pati, manfaat sagu yang bisa didapatkan salah satunya adalah bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Bahkan, hingga saat ini, sagu dikenal sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur.

Tak hanya itu, makanan yang mengandung pati, termasuk sagu, juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Sagu bagi Kesehatan

Meski sagu mengandung vitamin dan mineral yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gandum utuh, bahan makanan yang satu ini tetap memiliki potensi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Memberikan energi tambahan bagi tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sagu merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna menjadi glukosa dan mudah diserap oleh tubuh.

Hal ini membuat sagu mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh, terutama jika Anda melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

Mengontrol gula darah

Sagu juga menjadi bahan makanan yang baik untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan karena kandungan pati di dalam sagu dapat meningkatkan metabolisme sehingga mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

Menyehatkan saluran cerna

Mengonsumsi makanan yang kaya akan pati, termasuk sagu, dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus. Selain itu, asupan pasti juga bisa mengurangi risiko Anda mengalami berbagai gangguan pencernaan, salah satunya sembelit.

Melawan radikal bebas

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel. Agar terhindar dari kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi sagu.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sagu dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *