Grafis  

Manfaat Keju untuk Kesehatan

Manfaat Keju untuk Kesehatan
Manfaat Keju untuk Kesehatan (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Keju untuk Kesehatan. Keju adalah salah satu produk olahan susu yang dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tak hanya lezat, keju juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Manfaat keju untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam, mulai dari menjaga kekuatan tulang hingga menyehatkan saluran pencernaan.

Meski demikian, sebagian orang takut mengonsumsinya karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Padahal, bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, ada banyak manfaat keju untuk kesehatan yang bisa diperoleh.

Manfaat Keju untuk Kesehatan

Manfaat keju diperoleh dari berbagai kandungannya, seperti kalsium, zinc, fosfor, vitamin A, dan vitamin D. Selain itu, keju juga mengandung beragam antioksidan, seperti beta-karoten, dan glutathione.

Mencegah osteoporosis

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, manfaat keju berasal dari kandungan kalsium dan proteinnya yang tinggi. Pasalnya, kedua kandungan ini bisa membantu untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang.

Mencegah gigi berlubang

Selain mampu menjaga kesehatan tulang, manfaat keju juga bisa dirasakan untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa keju dapat melindungi gigi dari risiko terjadinya gigi berlubang.

Mencegah sembelit

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri prabiotik.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan sembelit. Jadi, pastikan Anda tidak mengonsumsi keju secara berlebih.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat keju juga diyakini dapat mengontrol tekanan darah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan kalsiumnya yang tinggi. Agar manfaat keju ini bisa diperoleh dengan maksimal, pilihlah keju yang rendah lemak dan garam, seperti keju ricotta dan keju cottage.

Mencegah terjadinya serangan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencukupi konsumsi produk olahan susu, seperti keju, dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Meski demikian, manfaat keju yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *