Grafis  

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau
Manfaat Kacang Hijau (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Kacang Hijau. Selain diolah menjadi makanan dan minuman, manfaat kacang hijau untuk kesehatan ada beragam.

Berkat berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, kacang hijau mampu menjaga berat badan bahkan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan jenis kacang-kacangan yang berasal dari India. Meski begitu, jeniskacang yang satu ini sudah banyak ditemukan di sebagian besar negara di dunia, salah satunya Indonesia.

Kacang Hijau sering diolah menjadi makanan dan minuman, misalnya bubur kacang hijau dan es kacang hijau. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga bisa memberikan manfaat kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tak hanya itu, kacang hijau juga diketahui mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin B, vitamin C, folat, dan magnesium.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh :

Menjaga berat badan

Salah satu manfaat kacang hijau untuk tubuh adalah menjaga berat badan. Kandungan serat dalam kacang hijau bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga membuat Anda mampu mengontrol nafsu makan.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Manfaat ini turut didukung oleh kandungan pati yang tinggi dalam kacang hijau.

Serat maupun pati merupakan kandungan yang bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Mengontrol tekanan darah

Antioksidan yang terkandung dalam kacang hijau diketahui dapat menghalangi kinerja enzim (ACE). Enzim yang diproduksi oleh tubuh ini mampu meningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan stamina tubuh

Kacang hijau juga dapat menjadi sumber energi karena mengandung karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat yang satu ini akan diolah menjadi pasokan energi untuk tubuh sehingga membuat Anda lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mengontrol gula darah

Kacang hijau kaya akan polifenol yang dapat mengontrol kadar gula darah. Fungsi polifenol sendiri adalah merangsang hormon insulin untuk bekerja secara efektif dalam mengubah glukosa menjadi energi dan menurunkan resistensi insulin.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *