KESEHATAN

Manfaat Ikan Lele untuk Anak

Manfaat Ikan Lele untuk Anak

KESEHATAN, WacanaNews.co.id — Manfaat ikan lele untuk anak ada banyak, Bun, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, menambah berat badan, hingga mencegah stunting.

Ikan lele banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain enak, murah, dan mudah didapat, ikan ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi ikan lele meliputi protein, lemak, kalsium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B12, dan vitamin D.

Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan Anak

Mencerdaskan otak

Lemak dalam ikan lele terdiri dari banyak asam lemak omega-3. Ini merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung kecerdasan anak. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 sangat baik untuk memperkuat daya ingat anak.

Menambah energi bagi tubuh

Kandungan protein pada ikan lele bisa menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas anak sehari-hari.

Dalam 100 gram ikan lele terkandung sekitar 18 gram protein, sedangkan kebutuhan protein harian untuk anak berusia kurang dari 4 tahun hanya sebanyak 13 gram. Jadi, dengan membagi 100 gram ikan lele ini ke dalam 3 porsi waktu makannya, Bunda bisa memenuhi kebutuhan protein Si Kecil dalam sehari.

Menjaga daya tahan tubuh

Protein dalam ikan lele tidak hanya bisa membuat anak bertenaga, tetapi daya tahan tubuhnya juga makin kuat. Soalnya, nutrisi yang satu ini juga berperan dalam membentuk antibodi yang berfungsi menjaga sel-sel tubuh tetap sehat. Dengan begitu, tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

Menambah berat dan tinggi badan anak

Protein dalam lele juga bisa menaikkan berat badan dengan cara menambah massa otot. Selain itu, kandungan vitamin D dalam ikan ini juga bagus untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang. Dengan begitu, tinggi badan anak bisa bertambah dan ia pun bisa terhindar dari stunting.

Mencegah anemia

Ikan lele sebanyak 100 gram dalam sehari telah mencukupi asupan vitamin B12 harian buah hati. Vitamin B12 yang terkandung pada ikan lele ini memiliki peranan penting dalam produksi sel darah merah.

(ifa/jal)

Tags: Manfaat Ikan Lele untuk Anak Manfaat Ikan Lele untuk Anak