PEMERINTAHAN

Disdagrin Jombang Gelar Pelatihan Teknis Produksi Batik Warna Alam

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang melalui Bidang Perindustrian gelar Pelatihan Teknis Produksi Batik Warna Alam di LKP Bangun Karya Jl. Sisingamangaraja No. 8, Dusun Jagalan, Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang, Senin (27/6/2022).

Pelatihan dihadiri 24 peserta yang tergabung dalam pengrajin batik. Kegiatan pelatihan batik ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan desain batik yang dilaksanakan di cafe Dasarasa Dusun Jagalan Desa Kepatihan waktu lalu.

Drs. Isnainiyah, M.Si Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Jombang berharap pelatihan tersebut mampu meningkatkan keterampilan teknik canting pengrajin.

Menurutnya, lanjut Isnainiyah, kegiatan tersebut bertujuan agar pembatik yang ada di Jombang dapat mencanting sendiri secara mandiri.

“Peserta di harap untuk meningkatkan kemahiran di bidang teknik canting sendiri. Serta meningkatkan skil bidang pewarnaan alam,” jelasnya.

Perlu diketahui, batik Warna Alam merupakan batik yang pewarnaannya menggunakan pewarna alami yang berasal dari hewan atau tumbuhan baik itu akar, kulit, kayu, daun, bunga ataupun buahnya juga disebut batik warna alam.

Sebelum ditemukannya pewarna sintetis sebagai pewarna batik  seperti sekarang ini, pewarnaan batik menggunakan pewarna alam sebagai pewarna utama dan satu-satunya pewarna batik.

Sejak tahun 1996 negara-negara barat seperti Jerman dan Belanda mulai melarang penggunaan zat pewarna yang berbahan dari kimia.

Dengan banyaknya pelarangan dan mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang lingkungan maka mulailah digalakkan kembali pewarna alami dari batik karena banyak sekali kelebihan dari batik dengan pewarna alami salah satunya adalah tidak mencemari lingkungan.

Berbeda dengan warna sintetis, pewarna alami tidak mencemari lingkungan karena bahan-bahan terbuat dari bahan alami sehingga limbah bisa terurai oleh tanah. (pras)

Tags: Berita Jombang Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang Disdagrin Jombang Drs Isnainiyah M Si Kabid Perindustrian Jombang