Berita

Bahan Kosmetik Berbahaya dan Tips Menghindarinya

Grafis, WacanaNews.co.id — Bahan Kosmetik Berbahaya dan Tips Menghindarinya. Kegunaan Kosmetik umumnya sehari-hari oleh para wanita untuk mempercantik wajah. Karena pemakaiannya yang rutin dalam waktu yang lama, kandungan kosmetik pun harus aman untuk kesehatan.

Bahan kosmetik berbahaya tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk mewaspadai adanya bahan kosmetik berbahaya, terutama pada produk-produk yang berani menjanjikan hasil yang instan.

Meski sudah ada standar dan aturan untuk bahan kosmetik, masih ada produk yang menggunakan bahan kosmetik berbahaya. Selain itu, ada pula produk kosmetik yang menggunakan bahan tertentu dalam jumlah berlebihan atau melebihi batas yang diperbolehkan.

Berbagai Bahan Kosmetik Berbahaya

Merkuri

Merkuri biasanya ada tambahkan pada eye shadow, blush on, dan bedak sebagai bahan pengawet. Selain itu, bahan kosmetik berbahaya ini juga dapat di krim pemutih kulit.

Penyerapan Merkuri bisa melalui kulit dan menyebabkan ruam, jerawat, dan kulit berwarna keabu-abuan. Selain itu, paparan merkuri yang terhirup masuk ke paru-paru menyebabkan batuk, susah napas, mual, muntah, atau gusi berdarah. Dalam jangka panjang, paparan merkuri akan merusak otak, sistem saraf, dan ginjal.

Hidroquinon

Hidroquinon merupakan bahan yang sering digunakan pada produk pemutih kulit. Bahan ini memang dapat mengurangi jumlah melanosit, yaitu sel yang memproduksi zat pewarna melanin.

Sebenarnya bahan ini boleh, jika konsentrasinya dalam produk tidak lebih dari 2%. Namun, Anda tetap tidak disarankan menggunakannya dalam jangka panjang dan tanpa anjuran dokter.

Penggunaan jangka panjang bahan kosmetik berbahaya ini kerap saling berhubunga dengan ochronosis, yaitu kelainan pigmentasi yang menjadikan kulit mengalami bercak hitam kebiruan.

Formalin

Pemakaian Formalin biasa untuk mengawetkan jenazah. Zat ini bersifat karsinogen yang berarti dapat memicu kanker. Beberapa jenis kosmetik bisa saja mengandung formalin, misalnya krim pelurus rambut, sabun mandi, sampo, losion, dan tabir surya.

Timbal

Bahan kosmetik berbahaya yang juga sering ada adalah timbal. Logam beracun ini kerap digunakan dalam produk lipstik.

(ifa/jal)

Tags: Bahan Kosmetik Berbahaya dan Tips Menghindarinya