Berita  

Muncul Jerawat saat Hamil ? Tenang Yuk, Kenali lebih dalam

Muncul Jerawat saat Hamil ? Tenang
Muncul Jerawat saat Hamil ? Tenang (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id – Muncul Jerawat saat Hamil ? Tenang Yuk, Kenali lebih dalam. Munculnya jerawat saat hamil memang bisa mengganggu penampilan.  Namun, Bumil tak perlu khawatir. Kondisi ini bisa di atasi dengan beragam perawatan.

Jerawat biasanya muncul saat kehamilan menginjak trimester pertama dan kedua dengan tingkat keparahan yang berbeda.

Kelebihan sebum dapat membuat bakteri berkembang lebih cepat, apalagi jika pori-pori kulit tersumbat dan banyak sel kulit yang mengelilingi folikel rambut. Akibatnya, kulit mengalami peradangan sehingga memicu munculnya jerawat.

Faktor lain yang juga mungkin membuat wajah jadi rentan untuk berjerawat adalah stres. Stres memang tidak bisa menyebabkan jerawat, tapi bisa memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Cara Meredakan Jerawat yang Mengganggu

Mencuci wajah secukupnya

Hindari mencuci wajah terlalu sering, karena kebiasaan ini dapat membuat kulit menjadi kering dan merangsang kulit untuk memproduksi minyak berlebih. Efeknya, jerawat jadi mudah untuk muncul.

Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk mencuci muka sebanyak 2 kali sehari atau setelah berkeringat berlebih. Saat mencuci muka, gunakan air hangat dan sabun berbahan lembut.

Mengeringkan wajah dengan tepat

Setelah mencuci wajah, segera keringkan wajah menggunakan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan. Hindari menggosok wajah dengan handuk, karena ini dapat menyebabkan jerawat semakin meradang dan kulit iritasi.

Menggunakan produk bebas minyak atau noncomedogenic

Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, Bumil disarankan untuk menggunakan pembersih wajah dan kosmetik berlabel “noncomedogenic” atau “nonacnegenic”. Label ini menunjukkan bahwa produk tersebut tidak menyebabkan jerawat atau penyumbatan pori.

Mencuci tangan secara teratur

Hal ini dapat mencegah kuman bersarang di tangan. Ingat, Bumil perlu untuk menjauhkan tangan dan jari dari wajah, agar kuman dari tangan tidak berpindah ke wajah dan memicu timbulnya jerawat.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *