Berita  

Manfaat Minyak Jojoba

Manfaat Minyak Jojoba
Manfaat Minyak Jojoba (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Minyak Jojoba. Jojoba (Simmondsia chinensis) merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim kering dan gersang wilayah Amerika Utara.

Biji tanaman jojoba menjadi minyak yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kerap sebagai bahan produk kecantikan.

Manfaat minyak jojoba ada beragam. Selain bisa mengatasi kulit kering dan jerawat, minyak jojoba juga baik untuk membantu proses penyembuhan luka di kulit dan untuk memberi nutrisi pada rambut.

Berbagai Manfaat Minyak Jojoba

Mengatasi jerawat

Minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi kulit berjerawat. Beberapa riset menyebutkan bahwa minyak jojoba memiliki efek antiradang, antioksidan, serta antibakteri, sehingga bisa membantu membasmi bakteri di kulit penyebab jerawat.

Melembutkan dan melembapkan kulit

Minyak jojoba juga merupakan salah satu pelembap atau emolien alami kulit. Riset menyebutkan bahwa kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan, serta minyak alami pada minyak jojoba dapat membantu melembabkan dan tekstur alami kulit.

Bahkan, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering, iritasi, dan gatal, serta mencegah pengelupasan kulit.

Mencegah penuaan dini pada kulit

Minyak jojoba mampu merangsang pembentukan kolagen secara alami, sehingga dapat bermanfaat dalam menghambat proses penuaan dini pada kulit. Karena mengandung efek pelembap dan antiradang, minyak jojoba juga bisa digunakan untuk mengurangi dan memudarkan keriput atau kerutan di wajah.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Minyak jojoba mempercepat proses penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka. Hal ini karena tanaman jojoba mengandung zat yang bersifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan.

Mencegah kekambuhan serta meringankan gejala eksim dan psoriasis

Manfaat minyak jojoba selanjutnya yang tak kalah penting adalah dapat membantu mengatasi gejala kulit kering, pecah-pecah, kemerahan, dan bentol akibat eksim dan psoriasis. Ini karena kandungan antiradang dan antioksidan pada minyak jojoba, serta efek emolien yang baik untuk menjaga kelembapan alami kulit.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *