Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh (istimewa)

Grafis, WacanaNews.co.id — Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh. Kencur merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa yang pedas.

Tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galanga ini banyak tumbuh di wilayah Asia, seperti Indonesia, Cina, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Kencur masih tergolong kerabat dari jahe dan manfaat kencur sebagai obat secara turun-menurun.

Manfaat kencur masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herba yang sering sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan memiliki kemampuan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat kencur bisa Anda temukan di daun maupun rimpangnya. Daun dan rimpang kencur bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.

Mengurangi sakit gigi

Kencur bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Ekstrak kencur mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antiradang.

Kandungan antibakteri dapat membasmi kuman di gigi dan gusi. Sementara itu, kandungan zat antiradang pada kencur bisa meredakan nyeri dan bengkak di gigi dan gusi.

Menurunkan demam

Kencur secara turun-temurun juga untuk menurunkan demam. Demam merupakan salah satu gejala penyakit infeksi. Ekstrak kencur memiliki kandungan antimikroba yang dapat melawan berbagai infeksi kuman.

Meredakan sakit perut

Konsumsi kencur juga dapat meredakan sakit perut. Manfaat kencur ini berkat efek dari senyawa antiradang dan antinyeri di dalamnya yang dapat meringankan rasa nyeri.

Membantu mengatasi diare

Manfaat kencur untuk meringankan diare dari kandungan antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat di usus. Selain itu, kencur juga mengandung prebiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus.

Meredakan sakit maag

Anda juga bisa mengonsumsi kencur untuk meredakan sakit magh. Ekstrak kencur memiliki kandungan antinyeri dan antiradang yang dapat mengurangi ketidaknyamanan di dalam perut akibat maag.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *