Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan (istimewa)

JOMBANG, WacanaNews.co.id — Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan, Daun Kenikir berasal dari Amerika Latin, Daun ini dapat mencegah penyakit tertentu. Daun kenikir mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan Vitamin C

manfaat daun kenikir meliputi:

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, daun kenikir memiliki efek yang mampu menurunkan tekanan darah. Namun, efektivitas dan dosis aman penggunaan daun kenikir untuk mengatasi tekanan darah yang tinggi.

Mencegah Osteoporosis

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya.

Studi tersebut baru sebatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium. Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis

Mencegah tumbuhnya kanker

Terdapat suatu kajian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

Menjaga kesehatan jatung

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Daun kenikir paling umum dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, Anda juga bisa menggunakan daun ini untuk diolah sebagai teh herbal dengan cara merebusnya, lalu minum air rebusan tersebut.

Selain itu, daun kenikir saat ini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal. Jika pengolahannya benar, daun kenikir bisa menjadi sumber nutrisi ketika dikonsumsi.

(ifa/jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *